Membuat foto hitam putih dengan Gradient map

Pada postingan terdahulu telah ditulis 7 macam cara untuk membikin foto hitam putih menggunakan photoshop (Baca kembali di SINI) Untuk melengkapinya kali ini akan saya sampaikan cara membuat foto hitam putih dengan Gradient map yang juga merupakan salah satu fitur photoshop untuk mengubah photo berwarna atau color menjadi hitam putih alias black and white.

Cara singkatnya :
  1. Buka photoshop
  2. Buka foto
  3. Set Foreground Color menjadi putih
  4. Set Background Color menjadi hitam
  5. Klik Image > Adjustment > Gradient Map
  6. Jadi
Cara lengkapnya :
  1. Yang pertama-tama dilakukan tentu saja adalah membuka program photoshop kita sehingga aktif dan siap kita pakai untuk membuat foto hitam putih dengan Gradient Map memakai adobe photoshop. Caranya adalah cari file photoshop exe kita lalu klik dua kali, atau bisa juga dengan Klik start di pojok kanan bawah komputer atau laptop kita lalu Klik All Program lalu cari photoshop. Bisas juga langsung double klik photoshop pada Desktop, atau cara yang lainnya.
  2. Buka photo yang akan kita ubah menjadi hitam putih. Caranya dengan memilih menu File > Open > Pilih photo kita di memori. Di dalam tulisan ini saya menggunakan sebuah foto berwarna atau color seorang anak sekolah SD klas 5 dengan ukuran 3r.
  3. Set Foreground Color menjadi Putih. Apa Foreground color itu? Ya.. Foreground Color adalah sebuah tool atau piranti photoshop yang kita pakai sebagai penentuan warna yang kita pilih. Bila warna telah kita pilih atau kita set, maka warna inilah yang nanti akan kita pakai untuk berbagai macam keperluan contohnya adalah pekerjaan menganti warna backgrond foto.
    • Letak Foreground Color ada di Tool photoshop
    • Cara mengeset Foreground Color yaitu dengan cara :
      • Klik Set Foreground Color. Akan muncul sebuah kotak yang bernama Color Picker.
      • Pilih warna putih dengan cara klik pada pojok kiri atas kotak Color Picker. Cara yang pasti tepat adalah dengan mengisi kode warna pada kotak sebelah kanan tanda # dengan ffffff.
  4. Mengeset Background Color menjadi Hitam. Apa itu Set Background Color ? Yah .. sama dengan Set Foreground Color namun warna yang dipilih hanya berefek pada layer backgrond saja. Cara memilih atau menentukannya sama dengan Foregound Color namun yang diklik adalah Set Background Color. Caranya begini :
    • Klik Set Background Color. Akan muncul sebuah kotak yang kita sebut Color Picker.
    • Tentukan warnanya menjadi warna hitam dengan cara klik pojok kanan bawah dari kotak Color Picker. Cara yang pasti benar adalah dengan mengisikan kode warna hirtam pada kotak sebelah tanda # yaitu dengan 000000. Yah kode warna hitam adalah #000000. (Angka nol bikan huruf o)
    Langkah nomor empat dan nomor lima dalat kita lakukan dengan sangat cepat yaitu hanya satu langkah yaitu Tekan Huruf D pada Keyboard Kita. Hanya dengan memencet huruf D pada keyboard kita maka langkah 3 dan 4 dapat kita lakukan dengan sangat cepat.
    Tahap selanjutnya langkah inti utama dalam membikin atau mengedit foto hitam putih dengan Gradient Map. Caranya adalah :
Pilih menu photoshop yang bernama Image > Adjustment >Gradient Map Cara singkatnya atau shortcutnya yaitu dengan cara Tekan Alt >I > A > G




  • Akan terbuka sebuah jendela gradient Map Klik saja oke.
  • Selesai dan jadilah foto hitam putih atau black and white

  • Tips and trik tentang cara mengubah foto berwarna menjadi hitam putih dengan langkah-langkah di atas merupakan langkah cepat mengedit photo atau gambar hitam putih di photoshop. Jadi ringkasnya adalah :
    Tekan huruf D > Alt + I > A > G > Oke
    Untuk cara yang lebih kilat lagi dapat kita lakukan dengan cara desaturasi warna. Coba baca tulisan terdahulu tentang membuat photo BW pada Cara pertama. Klik di SINI
    Baca juga :

    Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
    KATAGORI PRODUK
    KATAGORI PHOTOSHOP
    Taman
    Bonsai
    Pot
    Madu
    Anggrek
    Bingkai
    Lukisan
    Minuman
    Belajar Photoshop
    Cetak foto
    Tool Photoshop
    Ukuran Photo
    Tutorial Photoshop
    Ukuran foto
    Pas foto
    Photoshop Dasar

    ADDRES
    Depan pasar Imogiri
    Jl.Imogiri Timur km 15,8
    Yogyakarta
    Kunjungi Our Maps

    SERVICES
    Studio Photo
    Cetak Foto
    Scan foto dan film
    dll

    Cetak foto cepat berkualitas

    JAM BUKA
    Setiap hari
    08.00 - 20.00 wib
    Recomended : Call us
    Atau chat : WhatsApp

    READY STOCK
    Berbagai macam pigura
    Ukuran 4r hingga 16R
    Mika dan Fiber
    Berbagai pilihan warna