Cara menampilkan Transform Control yang hilang | Photoshop

Transform Control hilang? Bagaimana cara menampilkannya kembali sehingga nampak lagi? Di mana sih letaknya?  Pentingkah keberadaannya ?Jawabnya  nanti dulu. Sebelum menjawab bagaimana cara agar Transform Control yang hilang bisa tampil kembali di Adobe Photoshop akan saya ingatkan kembali apa itu Transform Control.

Transform control adalah tampilan berupa garis kotak di sekeliling sebuah layer di photoshop  yang berfungsi sebagai alat pengendali ketika kita menggunakan Move Tool. Dengan Transform Control kita dapat melakukan beberapa hal seperti : memutar foto ke kanan, ke kiri, membalik secara Horizontal maupun Vertikal, mengecilkan, membesarkan, memotong foto dan masih banyak lagi.  Pilihan transform meliputi :  Free Transform, Scale,Rotate,Scew, Distort, Persprxtic, Warp, Rotate 180, Rotate 90 CW, Rotate 90 CCW, Flip Vertical, Flip Horizontal.

Ditengah-tengah melakukan editing kadang kala  Transform Control tadi hilang. Ya..bisa saja hal ini terjadi karena secara  tidak sengaja  kita salah melakukan pencet tombol keyboard sehingga setingan Transform Control berubah. Bagaimana cara memulihkan settingan defaultnya sehingga nampak/terlihat  kembali ?  Restart Photoshop? Restart Komputer? Tidak perlu.

Cara menampilkan kembali Transform Control yang hilang :
  1. Pastikan Move Tool (V) aktif. Klik Window > Centang Tools > Klik Move Tool (V)
  2. Klik Window > Centang Options > Centang Show Transform Control
  3. Pastikan Layer yang aktif  tidak terkunci. Untuk memunculkan layer Klik Window > Centang Layers. Lihat apakah layer yang aktif terkunci atau tidak. Bila pada layer yang aktif (highlight/tersorot) terlihat icon kunci berarti perlu dibuka dengan cara klik Lock All sehingga icon/gambar kunci hilang. Kalau belum hilang Klik Lock Position.
  4. Pastikan pilihan Show Extras dalam posisi tercentang. Caranya klik View > Extras
 
    Nah demikian salah satu cara menampilkan kembali Transform Control yang hilang di Adobe Photoshop. Apabila cara ini belum berhasil pasti ada penyabab lain maka  mari saling berbagi.



    Baca Juga :

    Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
    KATAGORI PRODUK
    KATAGORI PHOTOSHOP
    Taman
    Bonsai
    Pot
    Madu
    Anggrek
    Bingkai
    Lukisan
    Minuman
    Belajar Photoshop
    Cetak foto
    Tool Photoshop
    Ukuran Photo
    Tutorial Photoshop
    Ukuran foto
    Pas foto
    Photoshop Dasar

    ADDRES
    Depan pasar Imogiri
    Jl.Imogiri Timur km 15,8
    Yogyakarta
    Kunjungi Our Maps

    SERVICES
    Studio Photo
    Cetak Foto
    Scan foto dan film
    dll

    Cetak foto cepat berkualitas

    JAM BUKA
    Setiap hari
    08.00 - 20.00 wib
    Recomended : Call us
    Atau chat : WhatsApp

    READY STOCK
    Berbagai macam pigura
    Ukuran 4r hingga 16R
    Mika dan Fiber
    Berbagai pilihan warna