Cara membuat bingkai di photoshop

Cara membuat bingkai  di photoshop
Keindahan sebuah foto ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah bingkai foto. Di photoshop  aksesoris yang disebut juga dengan frame atau border atau garis tepi ini dapat ditambahkan ke dalam sebuah foto sehingga dapat menambah nilai estetika atau keindahannya sehingga menjadi photo indah atau gambar keren. Bagaimana cara membuat bingkai di photoshop? Inilah postingan saya kali ini.
Apa perlu Download software cara membuat bingkai  free gratis ? 
Tidak perlu. Mari baca seterusnya !

Ya..Sebenarnya banyak  sekali sotware yang bisa di download secara  free alias gratis yang berupa plug-in untuk membikin / membuat  bingkai atau frame foto. Setelah  kita install ke aplikasi atau program Adobe photoshop kita tinggal menggunakannya dengan  cara yang super mudah, cepat, kilat dan sangat simpel bin sederhana  untuk membuat bingkai atau border sebuah foto.

Meskipun demikian tanpa software pun kita dapat membuat sebuah frame dan border foto dengan photoshop secara simpel, mudah,dan cepat alias kilat. Asalkan tahu caranya dan terbiasa menggunakannya. Pada kali ini akan saya tulis dasar-dasarnya saja, selanjutnya kita dapat  kembangkan sendiri bagaimana membuat bingkai di photoshop cs...


Singkatnya :
  1. Buka   Adobe photoshop
  2. Buka foto : Klik file > Open >pilih Foto. Saya ambil contoh gambar seperti di bawah ini.

  3. Copy foto dengan cara tekan Ctrl + J pada keyboaard kita. Fungsinya untuk membuat foto menjadi dua layer (duplikasi layer).
  4. Aktifkan Layer : Klik Window > Layers  atau tekan F7 akan muncul sebuah kotak pallete Layer seperti terlihat pada gambar dibawah nomer 5.
  5. Klik Add a Layer Style (letaknya di bagian bawah berupa icon huruf f lalu pilih Stroke.

  6. Akan keluar sebuah window atau kotak dialog seperti gambar di bawah nomer 7. Untuk menuju gambar di bawah nomer 7, bisa kita lakukan dengan cara lain yaitu klik di bagian atas photoshop : Layer > Layer Style > Stroke . Langkah ini adalah alternatif pengganti pada langkah nomer 5 di atas.
  7. Kemudian isilah kotak dialog misalnya Isi Size = 20 px , position = Inside, Blend Mode = Normal, Opacity = 100 %, Fill Type= Color, Color Picker = #091b88. Parameter angka atau besarnya angka-angka tersebut dapat anda sesuaikan dengan foto anda. Biasanya berbeda-beda sesuai dengan ukuran foto yang kita pakai.  Lihat gambar ilustrasi di bawah ini. Klik gambar agar lebih jelas.
  8. Klik OKE.
  9. Kemusian kembali ke Layer Style lalu > Klik Inner shadow.
  10. Isi  Blend Mode = Normal, Opacity = 100, Angle = 30, Centang Use Global Light.
  11. Isi DIstance = 0 px, Choke = 82, Size = 62.
  12. Klik Segitiga hitam pada Kotak Contour > Pilih Peak.
  13. Klik OK.
Lengkapnya
Lengkapnya tidak perlu karena penjelasan setiap langkah di atas sudah ada di postingan terdahulu.  Panduan di atas merupakan langkah-langkah atau tahapan-tahapan  yang berisi tips dan trik tata cara membuat bingkai foto dengan menggunakan photoshop. Hasilnya berupa frame yang terlihat sebagai  beberapa  garis tepi yang lurus yang warna dan tampilannya seperti tampak pada foto di bawah ini.


PILIHAN LAIN
Untuk mengubah atau mengganti frame atau bingkai pada foto pemandangan di atas maka kita lakukan modifikasi pilihan yaitu  : Setelah langkah 10 lakukan langkah-langkah ini  :
  1. Pada Control Quality Klik Icon Contour yang bergambar Peak
  2. Pada kotak dialog Contour Efitor  : Klik Titik simpul grafik > Drag ang Drop sesuai keinginan > sambil lirik hasilnya.....
  3. Atau isi Input = 100 % Output =40 % 
  4. Klik Oke

HASILNYA 
Hasil dari langkah cara membikin  bingkai foto di atas adalah seperti di bawah ini :


Kita juga dapat membuat bingkai foto  yang menghasilkan tampilan bingkai atau frame seperti di bawah ini.(klik foto agar besar) Caranya bagaimana? ...Silahkan bereksperimen sendiri karena dengan photoshop anda dapat berkreasi tanpa batas..... benar benar tanpa dowmload software gratis alias free. Kita hanya otak-atik di layer style saja....


Demikian tulisan saya tentang membikin frame atau garis tepi pada foto degnan judul : cara membuat bingkai  di photoshop.  



Baca juga tulisan di bawah ini :
Print foto dengan photoshop
Inilah cara mengatur tata letak foto di kertas

Macam macam ukuran foto
Dari ukuran terkecil sampai terbesar

Cara crop foto di photoshop
Yuk yang ingin memotong foto tak disuka

Cara mengganti warna background foto
Ubah latar foto KTP, SKCK, surat nikah
                    Grosir bingkai foto di jogja
                     grosir pigura jogja 

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna