Cara memutar foto di Photoshop

Bagaimana sih cara memutar foto di photoshop? Sebuah pertanyaan yang muncul ketika kita membuka foto di photoshop, yang ternyata terlihat atau tampak miring. Sehingga kita perlu memutarnya agar foto terlihat tegak sesuai orientasi yang sebenarnya.

Mengapa foto yang kita buka di program adobe photoshop terlihat miring ke kanan atau ke kiri? Ya karena sewaktu pemotretan, kamera yang kita pegang berada pada posisi miring. Biasanya ini dilakukan ketika memotret obyek yang memanjang ke atas. Berikut ini adalah cara mudah untuk memutar foto yang miring agar terlihat dan nampak tegak di Photoshop.
Cara memutar foto di Photoshop
A. Cara memutar photo ke kanan
  1. Buka program Adobe Photoshop yang mana saja boleh Cs2, cs3, cs4, cs5, Cs6, atau berapapun.
  2. Bukalah foto anda : Klik  File > Open. Akan terbuka sebuah foto. Pada contoh ini saya ambil sebuah foto suasana di jalan Malioboro Yogyakarta. Terlihat pada gambar di bawah tampak miring ke kiri. Agar foto menjadi tegak maka kita perlu memutar foto ke arah kanan yaitu memutarnya searah dengan jarum jam. Caranya adalah ikuti langkah 3.                                                                                      
  3. Klik Image > Rotate Canvas > 90 CW. Dapat juga dengan cara tekan Alt + I > E > 9. Dengan langkah ini foto akan terputar ke kanan atau terputar searah jarum jam sebesar 90 derajad, sehingga terlihat tegak seperti di bawah ini :
 B. Cara memutar foto ke kiri
    Untuk memutar foto ke kiri dengan Photoshop atau memutar foto dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam maka langkah-langkahnya adalah : Klik Image > Rotate Canvas > 90 CCW  atau tekan Alt + I > E > 0. Dengan langkah ini foto yang miring ke kanan akan menjadi tegak.
C. Cara memutar image 180 derajad atau setengah putaran.
    Untuk memutar foto setengah putaran dengan Photoshop langkah-langkahnya adalah : Klik Image > Rotate Canvas > 180  atau tekan Alt + I > E > 1. Dengan langkah ini foto yang miring ke kanan akan menjadi tegak.

 D. Cara memutar foto dengan kemiringan tertentu
Untuk memutar foto dengan besar putaran tertentu dapat juga kita lakukan. Caranya adalah Klik Image > Rotate Canvas > Arbritary > Isi berapa besar derajad putaran pada Dialog angle > Pilih CW untuk putar kekanan, CCW untuk putar ke kiri.

E. Cara Membalik foto 
Disamping dapat memutar foto dengan photoshop kita juga dapat membalik foto. Langkah-langkahnya adalah :
  1. Cara membalik foto secara vertikal : Klik Image > Flip vertically
  2. Cara membalik foto secara horizontal : Klik Image > Flip horizontally
Tutorial tentang langkah-langkah  atau cara cepat dan mudah untuk memutar dan membalik photo/gambar di photoshop di atas sangatlah simpel bin sederhana. Semoga ini membantu bagi para pemula sekali dalam belajar Adobe Photoshop berbahasa Indonesia.


Baca juga :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna