Cara mengubah foto negatif menjadi positif memakai photoshop

Cara mengubah foto negatif menjadi positif menggunakan photoshop
Apa maksud dari foto negatif ? Apa sih foto positif itu? Definisi yang pas saya tiak tahu. Namun sejauh yang saya pahami bahwa arti istilah negatif dalam hal ini berhubungan dengan kata 'berbalikan' atau 'terbalik' atau inversi. Sehingga photo negatif mempunyai makna bahwa yang terlihat di photo negatif adalah berbalikan dengan yang nampak pada objek photo asli.


Gampangnya bila rambut sebagai oyek berwarna hitam maka pada photo negatif tampak putih. Jika berwarna hijau akan nampak merah, warna kekuningan akan tampak keunguan. Bila gelap maka akan terlihat terang  dan seterusnya.

Pengertian foto positif secara mudahnya adalah sifatnya nampak persis sama dengan obyek pemotretan. Yang berwarna tampak kuning, merah nampak merah, gelap juga terlihat gelap, terang juga terang dan seterusnya. Ini berlaku juga pada film, sehingga ada juga istilah film positif dan film negatif.

Bagaimana cara mengubah foto negatif jadi positif dan sebaliknya? Ya.. di photoshop teknik untuk merubah photo negativ menjadi positive dapat kita lakukan dengan gampang sekali yaitu : setelah foto terbuka maka langkah mengganti photo negatif menjadi positif adalh pilih salah satu :
  1. Klik Image > Klik Adjustment > Klik invert
  2. Tekan Att > I > A > I
  3. Tekan Control + I pada keyboard bersama-sama
Langkah yang paling cepat adalah nomer tiga. Namun kalau sudah terbiasa semuanya juga dapat kita lakukan dengan sangat cepat dan mudah. Langkah di atas berlaku ketika photo atau gambar yang terbuka di photoshop sudah dalam bentuk digital. Lalu persoalannya adalah bagaimana caranya agar film negatif yang secara fisik masih dalam bentuk analog agar bisa kita ubah menjadi photo positif? 

Jawabannya adalah dengan cara Scan menggunakan mesin scanner yang sudah banyak beredar di mana-mana. Bagaimana cara  scan melalui program photoshop kesangan kita? Klik File > Import > Scanner kita .....


Baca juga :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna