Cara memotong foto di photoshop

Cara memotong foto di photoshop secara umum dilakukan dengan menggunakan Crop Tool. Dengan crop tool kita bisa memotong photo yang tidak kita perlukan lagi. Pada dasarnya prinsip dasar memotong foto atau gambar dengan cara cropping adalah dengan membuat kotak pada foto yang akan kita potong. Setelah kita eksekusi maka bagian foto yang ada di luar kotak crop akan terbuang atau terpotong.
Bagaimana cara memotong foto dengan photoshop Cs6 atau cs5, cs4, cs3, cs2 atau cs berapapun yang cepat dan gampang serta simpel bin sederhana? Gimana sih ya langkah-langkah atau tahap memotong photo dan gambar itu? Apa ada software atau tutorial teknik dasar cara potong gambar yang lengkap tanpa download ? Jawabannya mari kita baca selanjutnya .....

Berikut ini adalah cara memotong foto dengan photoshop
  1. Membuka program atau aplikasi Adobe photoshop kita
  2. Membuka foto yang akan kita potong
  3. Mengaktifkan Crop tool caranya : Klik Crop Tool    

  4. Mengatur atau setting parameter dari crop tool yaitu pada option photoshop yang ada pada bagian atas yaitu di bawah menubar. Pengaturannya meliputi :
    1. Ukuran foto hasil pemotongan meliputi :
      1. Lebar foto : Isikan angkanya pada Width. Pilih satuannya meliputi : pixels, inchies, cm, mm, points, picas, columns. Yang mudah pilih saja cm.
      2. Panjang : Isikan pada Height juga satuannya
    2. Resolusi. Setting resolusi berhubungan dengan kualitas ketajaman foto. Untuk keperluan cetak pilih angka 300 pixels per inch sudah cukup.
    3. Front Image. Klik pada option ini bila kita ingin memotong foto atau crop foto agar ukurannya sama dengan foto mula-mula atau photo asli. 
    4. Clear . Option yang satu ini kita pilih bila kita menghendaki ukurannya dengan bebas sesuai dengan arah mouse kita ketika drag sewaktu cropping.  Praktekkan saja anda akan langsung mengerti ....
  5. Memilih bagian foto yang akan kita potong
  6. Setelah kita selesai mengeset parameter crop tool pada option bar selesai maka langkah berikutnya adalah memotong foto di photoshop. Caranya adalah :
    1. Klik pojok kiri atas pada bagian foto lalu drag atau seret sambil tetap menekan mouse ke pojok kanan bawah lalu lepaskan. Akan terlihat sebuah kotak dimana yang sebelah dalam tampak asli dan sebelah luar lebih gelap. Yang diluar ini nanti akan terpotong dan terbuang sehingga hilang. Kita bisa mengedit kotak ini.
      1. Memperbesar potongan : Seret pojok kotak croop tool kearah luar
      2. Memperkecil atau mengecilkan cropping : Drag atau seret ke arah dalam
      3. Mengatur kemiringan : Arahkan mouse atau cursor di bagian foto yang lebih gelap klik dan geser ke atas atau ke bawah.
    2. Bila sudah terbentuk area kotak crop maka untuk eksekusi yaitu lakukan salah satu pilihan dari tiga pilihan di bawah ini :
      1. Tekan Enter
      2. Klik dua kali di bagian dalam kotak crop
      3. Klik kanan lalu pilih Crop
  7. Selesai. Foto hasil pemotongan siap untuk disimpan atau langsung dicetak
Itulah tutorial singkat tentang teknik memotong foto atau gambar menggunakan software photo editor yang kini masih sangat handal saitu Adobe photoshop. Yah cara ini dapat kita pakai untuk membuang, menghilangkan, atau menghapus bagian photo yang tidak kita kehendaki atau bagian yang mengganggu dan tidak penting kita tampilkan. Alternatif lain anda dapat membaca tulisan di => Cara crop foto di photoshop.

Untuk melakukan cropping photo atau memotong foto sesuai dengan bentuk badan atau bentuk obyek (object) caranya adalah dengan meyeleksi bagian tubuh tadi dengan Tool seleksi misalnya Polygon Tool, Magic Wand Tool, atau Pen Tool lalu di copy paste pada kertas lain atau kanvas lain. Dapat juga dengan menghapus backgroundnya sehingga menjadi transparan. Singkatnya kunjungi => Cara menghapus backgound foto menjadi transparan

Baca juga :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna