f

Suasana pilkades di desa Imogiri Bantul

Suasana pilkades desa Imogiri Bantul adalah judul yang mungkin tidak pas. Judul Yang tepat mungkin adalah Sekilas suasana pemilihan kepala desa di TPS 5 Toprayan Imogiri Bantul. Ya karena yang akan saya tulis ini adalah memang suasana yang hanya sekilas info tentang peyelenggaraan pilihan lurah desa di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nomer lima yang berlokasi di Toprayan, yaitu salah satu tempat pemungutan suara yang dipakai untuk pesta demokrasi tingkat desa diantara 8 TPS di 4 dusun yang ada di wilayah Imogiri.

 Di hari Minggu yang cerah ini, tanggal 14 April 2013 sekitar pukul 07.00 saya mulai keluar rumah untuk melakukan olahraga pagi dengan menggunakan sepeda angin atau sepeda onthel.  Mungkin bagi sebagian orang pada jam segitu sudah sangat kesiangan untuk melakukan olah raga pagi. Namun bagi saya saat itu belum begitu terlambat karena memang cuacanya masih sangat sejuk mendekati dingin.  Sehingga setengah jam kemudian badan sudah bisa menjadi hangat  sehingga menjadi fresh untuk melakukan aktifitas berikutnya. Kenapa hanya setengah jam? Ya karena memang saya sengaja, begitu waktu menunjukkan pukul 07.30 WIB saya harus sudah sampai Tempat pengambilan suara di Toprayan untuk mengetahui lebih dekat suasa berlangsungnya pilurdes  yang ada.

Benar saja saya datang di lokasi sekitar pukul 07.30 lebih beberapa menit. Kesan pertama yang saya tangkap adalah kondisinya masih sepi. Begitu masuk ke lokasi halaman parkir, pemungutan suara sudah berlangsung. Namun di pagi hari Minggu yang sangat cerah ini suasananya masih sangat sepi.  Begitu saya sampai di  ruang tunggu hanya ada satu orang yang sedang duduk menunggu. Di bilik suara ada seorang yang sedang melakukan pengambilan suara untuk menentukan pilihannya. 

Seorang yang ada di ruang tunggu sebenarnya hanya menunggu proses pendaftaran saja, yaitu menyerahkan Surat Undangan Pemberian Suara Pada Pemilihan Lurah Desa Imogiri Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Tahun 2013 pada petudas pendaftaran. Begitu data nama pemilih ditulis, oleh petugas pendaftaran kertas undangan tersebut segera di berikan pada petugas berikutnya untuk untuk selanjutnya dilakukan proses pemanggilan pemilih tersebut. Ya.... saat itu proses penyelenggaraan pilkades di Imogiri pada TPS ini cukup cepat, lancar, aman, dan terkendali  Semoga saja amien  ....  Mungkin seiring perjalanan waktu yang semakin siang suasanya semakin tambah ramai.

Inilah beberapa foto liputan pemilihan lurah desa Imogiri di TPS 5 Toprayan saya ambil hanya dengan HP kelas murahan ..... hehe .... maklum hanya wartawan tiban atau dadakan  klas teri ......



Pada foto di atas seorang petugas (pakde Supardiyono dari Cebolan) sedang menyampaikan sebuah pengumuman yang dilatarbelakangi oleh bilik suara tempat para pemilih menentukan aspirasinya, sedang di depannya ada dua orang petugas di TPS ini.  Suasananya masih sangat sunyi sepi. Pada saat gambar di atas saya potret di bilik suara tidak ada atau belum ada yang memakai.

Pelaksanaan pilkades di imogiri ini lebih pagi dari yang dijadwalkan bila saya bandingkan dengan berita online yang saya kutip dari Star jogja dimana pemilihan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Jika terjadi pemilihan final, maka pemilihannya akan digelar mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Demikian info singkat tentang suasana pemilihan kepala desa Imogiri di TPS 5 Toprayan


Baca Juga :


Iklan :