Manfaat madu klanceng untuk kesehatan

madu klanceng
Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan  Madu klanceng disebut juga madu kelulut. Jenis madu ini adalah salah satu jenis produk lebah yang bernama lebah klanceng atau lebah kelulut. Lebah ini ukurannya relatif lebih kecil dan tidak mempunyai sengat.. Mulo seko kui lebah utowo tawon ini  diarani ugo  stingless bee yaitu lebah tanpa sengat. Apabila dibandingke karo madu biasa, madu klanceng ini mempunyai beberapa keunggulan. Keunggulan yang yang dimiliki oleh madu klanceng adalah bahwa madu ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan total karbohidrat yang lebih rendah. Atas dasar itu, manfaat madu klanceng atau madu kelulut bagi kesehatan tubuh juga cukup beragam. Apa saja? Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat  madu klanceng untuk kesehatan yang dilansir dari laman www.klikdokter.com.

  Membantu untuk Penyembuhan Luka.

Meskipun mekanisme atau cara kerjanya belum diketahui secara pasti, namun penggunaan  madu klanceng pada luka sebagai salep tipis dianggap bisa membantu mempercepat penyembuhan dari luka tersebut.. Selain daripada itu, penggunaan madu klanceng pada kulit disebut-sebut dapat membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. 
  Membantu Mencegah Infeksi
Penggunaan madu klanceng dikatakan dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Hal ini konon berkat adanya peran dari bahan antibakteri, antioksidan, , dan antiradang yang terkandung di dalam madu kelulut atau madu klanceng.
  Membantu Mengatasi Peradangan
Khasiat madu klanceng untuk kesehatan berikutnya adalah mempunyai konstribusi dalam membantu mengatasi terhadap peradangan. Hal tersebut karena madu klanceng mengandung antioksidan kuat yang mendukung efek antiradang pada tubuh. 
  Menangkal Radikal Bebas
Madu klanceng mempunyai kemampuan untuk menghambat aktivitas radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Jenis madu ini juga diyakini bisa mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk menangkal dampak buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. 
  Mencegah Penyakit Kronis
Lagi-lagi yang depercaya berperan dalam pencegahan penyakit kronis ini adalah adanya kandungan anti oksidan yang ada pada madu klanceng.
 Sebagai Agen Antibakteri Alami
Hal yang berperan debagai agen anti bakteri adalah adanya  kandungan hidrogen peroksida yang tinggi dan ekstrak fenolik di madu klanceng. Kedua kandungan tersebut dianggap ampuh untuk mengatasi empat jenis bakteri gram positif dan dua jenis bakteri gram negatif.
  Memperkuat Sistem Imun
Sistem imun atau disebut juga kekebalan yang kuat dapat mencegah berbagai macam  penyakit, termasuk flu dan batuk. Efek imunomodulator dalam madu klanceng diyakini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga otomatis madu klanceng sangat berperan dalam pencegahan terhadap beberapa penyakit.
  Menurunkan Risiko Kanker
Madu kelulut atau madu klanceng diyakini punya beran dalan mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini lagi-lagi berkat adanya kandungan antioksidan dan antiradang yang ada pada madu jenis ini. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang mekanisme pencegahan kanker oleh madu jenis ini.
    Menurunkan Berat Badan
Sebuah uji coba terhadap  tikus menunjukkan bahwa, madu klanceng mempunyai efek antiobesitas. Ini ditunjukkan dengan adanya pengurangan jumlah sel adiposit atau sel lemak dalam tubuh tikus yang diperlakukan dengan uji madu klanceng. Namun, manfaatnya bagi manusia masih belum jelas. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat madu kelulut atau madu klanceng untuk menurunkan berat badan pada manusia. 
Memiliki Efek Penuaan atau Antiaging
Disamping sangat berperan di dalam mekanisme timbulnya penyakit kronis, Radikal bebas juga berperan dalam menyebabkan penuaan pada kulit.  Sebagai sumber antioksidan alami, madu klanceng mempunyai bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dengan menangkal radikal bebas pada kulit. Hasilnya, kulit akan tampak awet muda.
➀➀ Berpotensi Menjaga Kesehatan
Otak Salah satu komponen madu kelulut, yaitu fenilalanin, disebut dapat meningkatkan kerja dari senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas listrik otak. Karenanya, kandungan ini bisa memperbaiki memori otak. Tidak hanya itu, ada pula temuan yang menunjukkan bahwa madu jenis ini bisa meredakan gangguan kecemasan. 
➀➁  Baik untuk Penyandang Diabetes
Madu kelulut mempunyai efek penghambatan terhadap enzim alfa amilase dan juga enzimalfa glukosidase yang lebih baik. Kedua enzim tersebut bertugas untuk memecah proses perubahan karbohidrat menjadi molekul gula sederhana, sehingga penyerapan gula juga meningkat. Oleh karena itu, madu kelulut memiliki khasiat bagi penderita diabetes. Sebab, madu jenis ini dapat menjaga agar kadar gula darah tidak meningkat drastis.
  ➀➂ Menurunkan Kolesterol
Selain bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, madu klanceng juga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kadar trigliserida dalam tubuh. Selain itu, khasiat lain dari madu kelulut adalah meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 
➀➃ Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Madu klanceng bisa berperan dalam membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), Konsumsi madu klanceng secara ajeg diyakini bisa membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Seperti kita ketahui, kolesterol merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung dan serangan jantung akibat sumbatan pembuluh darah.
Demikian beberapa poin manfaat madu klanceng untuk kesehatan. Kebanyakan dari khasiat atau manfaat tersebut memang masih memerlukan adanya penelitian lebih lanjut pada manusia. Meskipun demikian, mengkonsumsi jenis madu klanceng asli diyakini dapat memperbaiki kesehatan kita ini. Yang paligng penting, hindari konsumsi berlebihan dan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter guna menghindari efek samping merugikan.

Baca Juga :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna