Cara membuat foto ktp

Cara membuat foto ktp di photoshop hingga kini masih perlu. Hal ini berlaku di daerah daerah yang mana instansi pembuat KTP (Kartu Tanda Penduduk) belum melayani pemotretan secara langsung pada program Kartu Tanda Penduduk  Elektronik atau E KTP. . Postingan kali ini akan membicarakan tentang bagaimana cara membuat foto KTP dengan Adobe photoshop yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Nah berikut adalah hal-hal yang perlu kita ketahui.




MENYIAPKAN FILE FOTO
Ada beberapa cara dalam menyiapkan file foto untuk mengedit dan mencetak  foto KTP di Adobe Photoshop :
  1. Memotret dengan kamera, bisa dari handphone/HP, kamera kompak/saku digital, kamera slr digital. Hasil foto sudah berupa data digital
  2. Memotret dengan kamera analog yaitu dengan menggunakan negatif atau positif film.  Hasilnya masih berbentuk analog sehingga harus kita ubah menjadi digital  dengan cara scanning.
  3. Scan foto dan scan film yaitu proses memindai dari data analog diubah menjadi data digital.
MEMBUKA FILE FOTO DI ADOBE PHOTOSHOP
Langkah selanjutnya yaitu pindahkan file foto digital yang sudah kita miliki ke harddisk komputer kita, kemudian bukalah dengan menggunakan program Adobe photoshop 7.0 atau Cs2, Cs3, CS4, CS5, atau seri apaun. Klik foto > Open with > pilih Adobe photoshop. Atau buka aplikasi Adobe photoshop kemudian kita pilih menu  File > Open > pilih foto yang akan kita edit menjadi foto ktp.

CARA MENENTUKAN UKURAN FOTO  KTP
Sekarang yang pertama-tama harus kita ketahui yaitu bagaimana cara mengatur ukurannya. Berapa sih ukuran foto KTP itu ? Ya .. jawabannya adalah 2x3 cm. Lihat daftar lengkap ukuran cetak foto pada postingan Macam-macam ukuran cetak foto.  Cara membuat ukurannya (secara lengkap klik di sini) yang paling gampang yaitu dengan cara cropping.

CARA MELAKUKAN CROPPING  FOTO KTP DI ADOBE PHOTOSHOP
Dengan cara ini paling tidak ada dua hal yang kita dapat yang pertama adalah ukurannya bisa kita tentukan, yang kedua kita bisa memotong bagian foto yang terlalu luas saat kita memotret. Jadi dengan cropping kita bisa memotong foto dan membuat/mengubah/merubah/ mengeset ukuran foto yang kita inginkan. Bagaimana cara mudah untuk melakukan cropping/memotong foto di Adobe photoshop Cs 12345 ? Silahkan klik di sini


CARA MENGGANTI  BACKGROUND FOTO KTP
Kenapa dalam membuat foto KTP kita perlu mengganti warna latar belakang foto?  Karena persyaratan warna photo KTP ditentukan berdasarkan tahun kelahiran. Bila kita lahir pada tahun genap maka background foto harus biru, dan bila tahunnya ganjil  latar belakang foto disyaratkan merah. Jadi bagi anda yang lahir pada tahun 1990 warna background foto yang harus kita buat adalah biru, demikian yang lainnya.
  • Sebelum pemotretan siapkan background sesuai dengan persyaratan warna di atas.
  • Bila pemotretan tidak memakai background hasil pemotretan kita edit dengan cara mengganti background foto dengan program Adobe photoshop. Lakukan cara ini dengan brush tool. Selengkapnya klik cara mengganti warna background foto dengan photoshop.
  • Bila file foto yang tersedia hanya hitam putih ( Black and White ) bagaimana ya ? Tidak mengapa. Kita bisa melakukan edit foto tersebut dengan klik Cara membuat foto hitam putih menjadi berwarna
  • Edit akhir foto yaitu Gelap terang dan warna akhir.
CARA MENYUSUN PAS FOTO DI KERTAS CETAK
Setelah pas foto selesai diedit, langkah selanjutnya yaitu kita perlu menata atau mengatur tata letak foto di sebuah kertas cetak  ukuran A4 misalnya. Bagaimana caranya? Jawabannya klik di sini


CARA SETTING PRINT DI ADOBE PHOTOSHOP
Langkah  terakhir dalam rangka mencetak foto KTP adalah mengatur setting pas foto. Setelah pas photo tersusun rapi di sebuah kertas 3r, 4r, A3, atau ukuran apa saja, maka kita siap mencetaknya. Bagaimana cara setting print atau setting hasil editan pas foto ktp di kertas cetak ? Silahkan klik di sini.


BACA JUGA

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna