Mengembalikan tool Photoshop yang hilang

Ketika sedang asyik-asyiknya  melakukan editing foto tiba-tiba Tools Photoshop hilang. Memang kenapa? Ya karena bila  hilang tidak bisa melakukan editing foto dan gambar dong. Ah masak...? Ya...benar.  ini bila terjadi bagi  kita  para pemula yang baru awal sekali belajar program pengolah foto termasyhur,  Adobe Photoshop. Namun bila sudah Expert dan sudah Advance Level.... No problem.....

Gambar di atas adalah tampilan Adobe photoshop CS2 sedangkan untuk gambar yang di bawah ini adalah Adobe CS4. Perbedaan antara Adobe Photoshop Cs4 dan versi sebelumnya memang ada tetapi pada dasarnya hampir mirip.


Letak Tool Photoshop secara default berada pada sebelah kanan dari halaman seperti tampak pada gambar di atas. Fungsinya sangat banyak. Tool ini berisi antara lain Move Tool (V), Magic Wand Tool (M), Slice Tool( ), Brush Tool (B), Hystory Brush Tool (Y), Paint Bucket Tool (G), Dodge Tool (O), Burn Tool (O), Type Tool (T), Mark Tool (M), Lasso Tool (L), Crop Tool (C) dan masih banyak sekali yang lain.

Lalu mengapa bisa hilang?  Bagimana sih cara mengembalikan Tool Photoshop yang hilang agar muncul dan tampil atau nampak kembali?  Di mana Letak Tool photosop? Cara membuat Tool agar terlihat kembali? Penyebabnya  hilang apa sih?  Inilah jawabannya.



Penyebab pertama
Menurut saya penyebab utama mengapa Tool Adobe photoshop tiba-tiba hilang adalah karena secara tidak sengaja jari kita menekan tombol Tab yang ada pada keyboard. Sehingga menyebabkan beberapa box  atau jendela atau window atau kotak atau apa istilah yang benar (mohon dikoreksi !) menjadi lenyap dan hilang tak berbekas.  Apa saja yang hilang?
  1. Tool s Photoshop
  2. Option Bar atau kotak option yang terletak di bawah Menu Bar  merupakan alat pengaturan atau setting dari Tools Photoshop yang kita pakai. Letak Option bar  berada di bagian atas Jendela Photosho yaitu di bawah Menu Bar.
  3. Pallet Window  yaitu semua menu yang ada di dalam atau di bawah Window. Seperti : menu Action Animation, Brushes, Cannel, Character, Color, Histogram, History, Info, menu Layer com, Layer, Navigator, Option, Paragraph, Path, Style, Swatches, Tool Preset, dan Tools.
Penyebab kedua 
Penyebab lain sehingga Tool Photoshop hilang  adalah karena kita menghilangkan centang pada menu Tools  yang ada pada Wondow  : Window >> Tools  Sehingga untuk mengembalikannya harus kita  set seperti semula yaitu kita centang / contreng / chek lagi

Cara mengatasi
Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa Tools photoshop bisa hilang, kita bisa dengan mudah mengembalikannya  kembali yaitu dengan cara  :

Cara 1
  1. Tekan tombol Tab pada keybord.
  2. Jika belum muncul, Klik Window >> Centang Tools.

Cara 2: 
  • Langsung Klik Window >> Centang Tools.

Jadi tombol Tab pada keybord berfungsi sebagai tombol Pop-Up untuk Tools, Option, dan Pallet Window yang ada pada Adobe photoshop. Ini  benar dengan syarat bahwa Pallet Window berada pada posisi tercentang. Kini coba buktikan : Coba pencet atau tekan tombol Tab ......... lalu tekan lagi ....... apa yang terjadi...... terbukti kan?

Tulisan ini juga sekaligus dapat menjawab beberapa pertanyaan serupa pada kata kunci yang masuk  pada Blog ini yaitu : Dimana letak menu Layer Photoshop?  Bagaimana cara mengembalikan Later yang hilang? dan lain-lain. Jawabannya : Tekan tombol Tab pada Keyword atau Klik menu Window >> centang menu yang hilang  Semoga berhasil............


Tulisan terkait  :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna