Cara mengatur warna di photoshop

Cara mengatur warna di photoshop Lho kok gelap, kok fotonya hitam! Lho kok terlalu putih? Fotonya kenapa kemerahan ya? Kebiruan? kehijauan, kekuningan, keunguan, kok warnanya pucat, kusam, kurang matang, dll. Itulah reaksi pertama ketika kita membuka foto di photoshop melalui komputer atau laptop. Lantas bagaimana cara mengatur warna di photoshop agar sesuai keinginan?

Ya.. untuk memperbaiki warna foto memakai aplikasi photoshop sangat mudah dan gampang. Judul postingan ini merupakan salah satu langkah pertama dalam  belajar photoshop dasar berbahasa indonesia khusus untuk pemula yang baru saja mengenal program editing foto memakai Adobe photoshop Cs.
Langkah-langkah mengubah atau merubah warna atau color foto
  1. Aktifkan photoshop.
  2. Buka foto : pilih File > Open > pilih foto di harddisk komputer/laptop atau memori eksternal lainnya.
  3. Jika photo yang akan kita edit atau kita atur warnanya terlalu gelap sebaiknya kita atur terlebih dahulu agar menjadi terang terang dengan Klik Control  + L > atur slider seuai foto yang ada.
  4. Langah Coba Otomatis : Coba dahulu dengan Klik > Image > Adjustment > Auto Color atau cara cepatnya klik Control + Shift +  B.  Ini merupakan langkah trial and error yaitu langkah coba-coba barang kali dengan cara ini bisa diperoleh warna yang sesuai selera dan kebutuhan kita. Ini tergantung dengan kondisi foto yang ada. Bila tidak sesuai batalkan saja dengan Klik Edit > Undo atau : tekan Control + Z. Lalu ke langkah 5.
  5. Klik Image > Adjustment > Color atau singkatnya : tekan Control + B secara bersamaan. Akan muncul kotak dialog Color Balance seperti di bawah ini :                                                                                                                                                                                         
  6. Untuk Cepat abaikan langkah ini dan langsung ke nomor 7. Untuk mengurangi warna merah (red) isilah angka pada Color Level paling kanan (saya tandai dengan anak panah warna merah) dengan angka negatif sehingga warnanya sesuai dengan keinginan kita. Sebaliknya untuk menambah warna merah isi angka tadi dengan angka positif. Untuk mengubah warna foto menjadi lebih hijau isilah angka pada Color Level yang di tengah (Panah ungu) dengan angka positif untuk mengurangi diisi dengan angka negatif. Untuk memperbaiki warna photo yang terlalu biru isilah angka pada Color Level paling kanan (Panah Coklat) dengan angka negatif atau min. Sebaliknya untuk merubah warna gambar agar lebih atau tambah biru isilah dengan angka positif. Ini kita lakukan dengan trial and error sehingga terlalu lama. Agar cepat maka lakukan cara mengatur warna fofo dengan photoshop menggunakan pengaturan slider seperti pada langkah 7 di bawah ini :
  7. Atur slider yang ada sesuai dengan kondisi foto yang ada.
  • Untuk mengatur foto yang telalu merah atau kemerahan maka geser atau drag slider paling atas (saya beri tanda anak panah warna hijau) ke arah kiri sesuai kebutuhan. Sebaliknya kalau kurang merah maka geser slider paling atas ke kanan sehingga warna atau color foto bertambah merah.
  • Jika warna foto terlalu hijau atau kehijauan maka geser slider kedua (panah biru) ke arah kiri dan sebaliknya bila kurang hujau maka geser saja ke kanan
  • Juka color photo atau gambar terlalu biru meka geser slider paling bawah (panah kuning) ke arah kiri sehingga warna kuning bertambah dan warna biru berkurang. Sebalikknya bila foto tampak terlalu kuning atau kurang kebiruan, maka geser atau drag saja slider ke arah kanan.
Bagaimana setelah kita geser meskipun sampai maksimal/mentok ke kanan atau ke kiri, warna foto masih kurang sesuai? Ya... langsung saja Klik Oke lalu geser lagi slider yang sama dengan cara yang sama. Singkatnya lakukan pengaturan warna foto dua kali tetapi yang pertama klik oke dahulu. Contolnya kita mempunyai foto yang sangat merah lalu setelah kita geser ke kiri sampai maksimal warna merah masih dominan. Solusinya Klik saja Oke, lalu geser lagi ke kiri sampai kita dapatkan hasil yang sesuai.

Untuk memperoleh hasil warna foto yang bagus biasanya merupakan kombinasi dari pengaturan ketiga slider yang ada pada kotak Color Balance di atas. Ini hanya bisa di dapat dengan banyak latihan sampai berulang-ulang dengan kondisi warna gambar atau photo yang berbeda-beda sehngga kita telah terbiasa untuk mengedit warna foto menggunakan photoshop.

Sebenarnya masih banyak sekalu cara mengedit warna atau color foto dan gambar memakai adobe photoshop CS2 CS3 CS4 dan CS5. Misalnya dengan pengaturan Hue/Saturattion , Match Color, Replace Color, Selective Color, Channel Mixer, dan lain-lain. Namun untuk langkah awal atau dasar, saya kira cara di atas perlu di kuasai terlebih dahulu.... Selamat mencoba.....




Baca juga :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna