Cara mengetahui ukuran foto dengan photoshop

Bagaimana sih  cara mengetahui ukuran foto dengan photoshop cs5 cs4 cs3 maupun cs2? Bagamana ya cara melihat atau mengetahui panjang dan lebar sebuah gambar di program adobe photoshop ? Gimana sih ya agar tahu tentang ukuran pixel pas foto digital ? Berapa kali berapa ukuran sebuah photo di memori baik di Harddisk komputer, laptop, flash disk, maupun memori card yang lain ?

Ya ukuran foto dalam hal ini panjang dan lebarnya dapat kita ketahui dengan sangat mudah dan gampang ketika photo atau gambar tersebut kita buka di aplikasi pengolah gambar handal : Adobe photoshop. Langkah atau tips untuk mengetahui ukuran photo tersebut sebagai berikut :

Cara pertama :
  1. Buka foto atau gambar di photoshop : Klik File > Open > Pilih Photo.
  2. Lihat foto yang telah terbuka apakah di sisi kanan dan kiri dari photo atau image tersebut sudah tampil atau tampak sebuah penggaris atau ruler. Bila sudah terlihat ruler maka itulah alat untuk mengetahui ukuran foto dalam satuan mm, cm, atau inchi, dan pixel.  Bila belum terlihat ikuti langkah 3.
  3. Klik View > Centang Rulers. Cara singkat-nya (shortxut ) tekan atau pencet Control + R pada keyboard kita. Akan terlihat  sebuah ruler atau penggaris yang ada di sisi kiri dan atas dari foto yang telah kita buka pada langkah 1. 
  • Cara mengetahui ukuran foto di photoshop  yaitu dengan melihat angka paling ujung kanan atau ujung paling bawah ruler tepat di tepi pas photo.
  • Tips untuk mengetahui berapa panjang atau lebar ukuran photo menggunakan atau memakai adobe photoshop cs dalam dalam centimeter, milimeter, inchi, atau pixel maka klik kanan saja pada penggaris lalu pilih satuan yang kita pilih satuan mm, cm, inchi, atau pixel.
  • Ukuran foto yang terlihat tidak bisa tepat benar hanya perkiraan saja karena hanya tergantung dari kejelian mata kita. Bagaimana cara mengetahui ukuran photo secara tepat? Jawabannya adalah baca cara kedua berikut ini !
Cara Kedua :

Ukuran sebuah foto dalam pixel atau satuan lain dapat kita ukur atau kita ketahui secara exact, atau tepat benar, secara pasti, dan akurat, cermat serta detail. Bagaimana cara mudahnya? Ya di program adobe photoshop caranya sangat cepat, singkat, mudah dan gampang :
  1. Buka foto yang kita maksudkan : Klik menu File > Open > pilihlah foto kita
  2. Klik Image > Image size atau cara cepatnya tekan Alt + Control + I . Cara lain lagi Klik kanan pada header yang ada di tepi atas foto > Image size.
  3. Akan tebuka sebuah window atau kotak dialog Image Size.


  4. Langsung terlihat ukuran foto dan satuannya secara tepat yaitu Panjang (Length) Lebar (Width), dan resolusi dari foto kita.
Pada cara kedua di atas disamping bisa untuk mengetahui ukuran sebuah photo cara tersebut bisa kita pakai untuk mengubah/merubah/mengatur/setting ukuran foto. Yaitu dengan menganti angka angka yang ada. Ini juga bisa kita gunakan sebagai cara membuat ukuran foto di photoshop. Selamat mencoba.





Baca juga :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna