f

Tidak bisa menyimpan file photoshop

Tahap terakhir setelah selesai editng photo atau gambar di adobe photoshop adalah menyimpan foto hasil editan ke dalam memori, baik di harddisk, memori card, Flash Disk, CD/DVD, dan lain-lain. Cara menyimpannya kita lakukan dengan Klik File save as lalu Pilih ke media penyimpanan yang dikehendaki.

Cara penyimpanan seperti langkah di atas menghasilkan file photoshop yang langsung bisa dibuka atau digunakan di program-program lain yang sesuai dengan keperluan kita. Namun khusus untuk menyimpan atau nge-save file ke CD atau DVD, masih ada tambahan langkah yaitu tahap burning atau membakar file tersebut ke CD/DVD.

Namun permasalahan akan timbul ketika kita telah selesai membakar atau burning file ke dalam CD/DVD, ternyata file photoshop tersebut tidak bisa kita buka atau kita gunakan meskipun kita buka kembali dengan menggunakan Photoshop. Sehingga berarti gagal meyimpan file ke CD melalui photoshop.

Mengapa bisa gagal menyimpan file photoshop di cd/dvd drive? Apa sih penyebab tidak bisa menyimpan file Adobe photoshop ke CD? Bagaimana cara mengatasi problen atau masalah agar dapat membakar/burning file dalam bentuk photo atau gambar ke CD dan DVD? Jawabannya adalah ada di bawah ini :

Penyebabnya adalah kita mengganti atau mengubah nama file saat kita menyimpan-nya ke DVD-RW Drive atau CD-RW Drive. Akibatnya file sementara di CD atau DVD-RW Drive tidak nampak sebagai gambar atau foto namun bila kita lihat dalam bentuk Thumnail. Tetapi nampak seperti gambar berikut ini :


Gambar anak panah warna hijau tiak bisa digunakan. Bandingkan dengan yang diberi tanda anak panah merah. Bila file yang di beri tanda anak panah biru dibakar maka file hasil burning tetap tidak bisa dibuka. Sehingga solusinya adalah jangan ganti atau jangan mengubah nama filenya. Sehingga thumnail foto hasil penyimpanan tetap sebagai foto asli tetapi masih samar-samar. Baru setelah itu siap untuk dibakar atau di-burning. Itulah pengalaman saya ketika awal-awal belajar photoshop.

Baca juga :