f

Cara menampilkan ruler di photoshop

Cara menampilkan ruler di photoshop dapat kita lakukan dengan sekali pencet atau sekali tekan saja. Bagaimana agar yang terlihat seperti penggaris itu dapat muncul dan terlihat sehingga nampak di adobe photoshop kita? Yah memang pertanyaan di atas bisa saja terlontar ketika kita sedang mengedit foto menggunakan program pengolah gambar dari adobe ini.

Ruler atau penggaris memang terlihat sebagai garis skala yang tepat berada di tepi atas dan di pinggir kanan photo. Fungsi maupun kegunaannya menurut saya adalah untuk mengetahui gambaran kasar mengenai ukuran foto dalam satuan mm.cm. inchi, pixel, dll.  Kenapa hanya gambaran kasar ya karena ukuran pasti atau exact-nya dapat kita ketahui melalui Image Window.


Maksud saya begini : ketika kita mengedit banyak sekali foto yang dibuka secara bersama-sama di jendela photoshop baik adobe photoshop Cs7, cs6, cs5, cs4, cs3, maupun cs2, kadang-kadang kita memerlukan ukuran foto tertentu untuk kita gunakan sesuai keperluan.

Hanya dengan melirik atau melihat angka-angka yang ada di ruler photoshop sebuah photo atau image langsung segera dapat kita ketahui. Pada contoh gambar di atas kita bisa melihat bahwa ukuran canvas di atas adalah 4 x 6 seperti terlihat pada ujung anak panah. Masalahnya bagaimana bila ruler photoshop hilang, tidak nampak, tak muncul sehingga tak terlihat. Penyebab ruler hilang apa yah kira-kira?


Gampang !!! Lihat gambar di atas !!!  Klik saja menu View lalu centang atau contreng Rulers. Cara singkatnya tekan Control + R maka seketika itu istilah yang bisa disebut penggaris tersebut akan nampak lagi. Bila kita pencet lagi CTrl + r maka rulers akan hilang lagi. Itulah cara mudah memunculkan ruler atau penggaris di photoshop

Jadi sudah terjawab mengapa ruler di photoshop bisa hilang. Jawabannya adalah karena tidak sengaja kita menekan tombol Control + R. Semoga bermanfaat.



Tulisan sepele lainnya :