Cara menampilkan ruler di photoshop

Cara menampilkan ruler di photoshop dapat kita lakukan dengan sekali pencet atau sekali tekan saja. Bagaimana agar yang terlihat seperti penggaris itu dapat muncul dan terlihat sehingga nampak di adobe photoshop kita? Yah memang pertanyaan di atas bisa saja terlontar ketika kita sedang mengedit foto menggunakan program pengolah gambar dari adobe ini.

Ruler atau penggaris memang terlihat sebagai garis skala yang tepat berada di tepi atas dan di pinggir kanan photo. Fungsi maupun kegunaannya menurut saya adalah untuk mengetahui gambaran kasar mengenai ukuran foto dalam satuan mm.cm. inchi, pixel, dll.  Kenapa hanya gambaran kasar ya karena ukuran pasti atau exact-nya dapat kita ketahui melalui Image Window.


Maksud saya begini : ketika kita mengedit banyak sekali foto yang dibuka secara bersama-sama di jendela photoshop baik adobe photoshop Cs7, cs6, cs5, cs4, cs3, maupun cs2, kadang-kadang kita memerlukan ukuran foto tertentu untuk kita gunakan sesuai keperluan.

Hanya dengan melirik atau melihat angka-angka yang ada di ruler photoshop sebuah photo atau image langsung segera dapat kita ketahui. Pada contoh gambar di atas kita bisa melihat bahwa ukuran canvas di atas adalah 4 x 6 seperti terlihat pada ujung anak panah. Masalahnya bagaimana bila ruler photoshop hilang, tidak nampak, tak muncul sehingga tak terlihat. Penyebab ruler hilang apa yah kira-kira?


Gampang !!! Lihat gambar di atas !!!  Klik saja menu View lalu centang atau contreng Rulers. Cara singkatnya tekan Control + R maka seketika itu istilah yang bisa disebut penggaris tersebut akan nampak lagi. Bila kita pencet lagi CTrl + r maka rulers akan hilang lagi. Itulah cara mudah memunculkan ruler atau penggaris di photoshop

Jadi sudah terjawab mengapa ruler di photoshop bisa hilang. Jawabannya adalah karena tidak sengaja kita menekan tombol Control + R. Semoga bermanfaat.


Tulisan menarik lainnya :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna